PEMASARAN
Ø PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
1. Pendekatan serba fungsi (functional approach)
2. Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
3. Pendekatan serba barang (commodity approach)
4. Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
5. Pendekatan serba sistem (total system approach).
1. Penyedia barang yang menyediakan bahan kepada produsen
2. Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. Perantara pedagang, seperti pedagang besar dan pengecer
4. Perantara agen, seperti agen penunjuang (perusahaan angkutan, perusahaan penyimpanan) dan agen pelengkap (biro periklanan, lembaga keuangan)
5. Perusahaan saingan
6. Pembeli akhir.
Ø STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian , yaitu :
1. Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang
2. Sub bagian penjualan umum.
Ø PASAR
Ø MARKETING MIX DAN PRODUK
2. Barang Industri : Barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi. Barang industri tersebut masih dapat dibedakan lagi menjadi lima golongan yaitu bahan baku, komponen dan barang setengah jadi, perlengkapan operasi, instalasi, dan peralatan ekstra.
Siklus kehidupan barang ini terdiri atas lima tahap yang berbeda-beda seperti tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan kejenuhan, serta tahap kemunduran.
Ø SALURAN PEMASARAN
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pesar yang dituju.
2. Pedagang besar dengan fungsi terbatas yang hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran.
Jenis-jenis pengecer : General Merchandise store; Single-line Store; Specialty Store.
Pada pokoknya, dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah pengangkutan dan penyimpanan.
Ø PENENTUAN HARGA
Ø PROMOSI DAN PERIKLANAN
Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat yaitu : periklanan, personal selling, promosi penjualan, serta publisitas dan hubungan masyarakat.
o Tujuan :
1. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain
2. Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu
3. Mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya dengan mencantumkan nama dan alamat
4. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru
o Jenis :
Periklanan digolongkan menjadi dua, yakni periklanan barang dan periklanan kelembagaan.
o Media Periklanan
Jenis-jenis media adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, pos langsung, dan sebagainya.
o Biro Periklanan
Biro periklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan penempatan periklanan bagi langganannya.
Ø PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
Referensi : Buku PENGANTAR BISNIS MODERN (Edisi ketiga)
Oleh : DR. BASU SWASTHA DH. SE., MBA IBNU SUKOTJO W, SE
Penerbit : Liberty
Ø PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
- Pengertian Pemasaran
- Penciptaan faedah bagi konsumen
- Konsep Pemasaran
- Pendekatan studi pemasran
1. Pendekatan serba fungsi (functional approach)
2. Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
3. Pendekatan serba barang (commodity approach)
4. Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
5. Pendekatan serba sistem (total system approach).
- Pendekatan serba fungsi
- Pendekatan serba lembaga
1. Penyedia barang yang menyediakan bahan kepada produsen
2. Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. Perantara pedagang, seperti pedagang besar dan pengecer
4. Perantara agen, seperti agen penunjuang (perusahaan angkutan, perusahaan penyimpanan) dan agen pelengkap (biro periklanan, lembaga keuangan)
5. Perusahaan saingan
6. Pembeli akhir.
- Pendekatan serba barang
- Pendekatan serba manajemen
- Pendekatan serba sistem
Ø STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian , yaitu :
1. Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang
2. Sub bagian penjualan umum.
Ø PASAR
- Pengertian pasar
- Macam-macam Pasar
- Segmentasi Pasar
Ø MARKETING MIX DAN PRODUK
- Pengertian Marketing Mix
- Pengertian barang
- Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
- Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai :
2. Barang Industri : Barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi. Barang industri tersebut masih dapat dibedakan lagi menjadi lima golongan yaitu bahan baku, komponen dan barang setengah jadi, perlengkapan operasi, instalasi, dan peralatan ekstra.
- Siklus Kehidupan Barang
Siklus kehidupan barang ini terdiri atas lima tahap yang berbeda-beda seperti tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan kejenuhan, serta tahap kemunduran.
- Merk
Ø SALURAN PEMASARAN
- Pengertian Saluran Distribusi
- Saluran Distribusi Ganda
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pesar yang dituju.
- Perantara Saluran
- Pedagang Besar
2. Pedagang besar dengan fungsi terbatas yang hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran.
- Pengecer
Jenis-jenis pengecer : General Merchandise store; Single-line Store; Specialty Store.
- Agen
- Jumlah perantara dalam Saluran
- Distribusi Fisik
Pada pokoknya, dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah pengangkutan dan penyimpanan.
Ø PENENTUAN HARGA
- Arti dan Pentingnya Harga
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
- Metode-metode Penetapa Harga
- Politik Penetapan Harga
Ø PROMOSI DAN PERIKLANAN
- Promosi
Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat yaitu : periklanan, personal selling, promosi penjualan, serta publisitas dan hubungan masyarakat.
- Periklanan
o Tujuan :
1. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain
2. Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu
3. Mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya dengan mencantumkan nama dan alamat
4. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru
o Jenis :
Periklanan digolongkan menjadi dua, yakni periklanan barang dan periklanan kelembagaan.
o Media Periklanan
Jenis-jenis media adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, pos langsung, dan sebagainya.
o Biro Periklanan
Biro periklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan penempatan periklanan bagi langganannya.
Ø PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
- Personal Selling
- Promosi Penjualan
- Publisitas
Referensi : Buku PENGANTAR BISNIS MODERN (Edisi ketiga)
Oleh : DR. BASU SWASTHA DH. SE., MBA IBNU SUKOTJO W, SE
Penerbit : Liberty
Tidak ada komentar:
Posting Komentar